Cara Mudah Budidaya Ikan Arwana untuk Pemula

By | September 5, 2018

Ikan arwana adalah jenis hewan yang sangat indah dan memiliki harga jual yang tinggi sehingga sangat populer di dunia perikanan. Karena itu, sedikit orang yang tertarik membudidayakan ikan mahal ini. Tidak sedikit orang juga mencari tahu cara mudah membudidayakan ikan arwana.
Meskipun sudah diketahui semua orang bahwa untuk membudidayakan ikan ini Anda harus menghabiskan sedikit modal, bisnis ikan Arwana sangat menjanjikan. Lihatlah cara mudah untuk mengolah arwana untuk pemula berikut ini.

Perhatikan akuarium dan kolam

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat ikan, yang bisa menggunakan akuarium atau kolam. Jika Anda ingin bercocok tanam di banyak rumah, Anda juga harus menyiapkan kolam.

Kolam renang berbatu adalah karakter yang disukai oleh ikan arwana. Namun, jika Anda hanya memiliki lahan terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan membuat akuarium yang menyerupai kolam berbatu. Air harus benar-benar jernih, usahakan agar air tetap mengalir. Karena itu, Anda juga harus membuat filter.

Jumlah kolam dan akuarium untuk budidaya

Jika Anda membudidayakan melalui akuarium, Anda harus memiliki setidaknya 4-5 kolam untuk pembesaran dan pembiakan. Jangan letakkan ikan arwana yang berukuran dewasa di akuarium yang sama.

Anda juga perlu memiliki peralatan lengkap seperti pengatur suhu, pemancar gelembung oksigen, dan selalu menjaga sirkulasi air. Untuk pembiakan arwana, biasanya dibutuhkan kolam yang cukup besar, sekitar 20m × 5m atau lebih.

Persiapkan orang tua terbaik

Usia untuk ibu Arwana siap untuk dikembangbiakkan, yang setidaknya empat tahun atau lebih. Anda juga harus memisahkan ikan arwana dari arowana lainnya.

Mengapa demikian? Karena, Anda harus menyediakan makanan khusus, yaitu udang. Meskipun ikan arwana remaja juga membutuhkan udang, ini untuk mengatasi ikan dewasa yang cenderung lebih lambat daripada ikan remaja.
Arowana berkembang biak

Ikan arwana akan dengan cepat menemukan pasangannya jika ada ikan dari lawan jenis di akuarium atau kolam. Biasanya, arowana telah menemukan pasangan ketika sering berenang berdampingan.

Sepasang ikan arwana akan berenang, dengan kepala dan ekor saling menempel. Jika Anda telah melihat perilaku ikan seperti itu, segera pindahkan ke akuarium atau kolam terpisah.

Pemuliaan biasanya ditempatkan di kolam yang memiliki batu. Ketika arwana betina mengeluarkan telur, arwana jantan seolah memakan telur. Faktanya, telur ikan akan dibuahi oleh ikan jantan sampai keluar menjadi larva.

Pembesaran benih ikan arwana

Untuk mempercepat pertumbuhan, Anda bisa memberi cacing kecil pada ikan yang ukurannya masih 1 cm.

Ketika ikan Anda berukuran 12 cm, cobalah memindahkan ikan secara langsung. Sebab, ikan arwana termasuk semua hewan pemakan, dan juga tidak peduli meski itu anak mereka sendiri.

Panen

Jika ikan telah berhasil dibudidayakan dan warna ikan juga terlihat bagus, ikan siap dijual. Anda dapat menjual melalui distributor ikan arwana terdekat, pedagang di kota-kota besar. Atau, Anda juga bisa menjualnya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *