Cara Memilih Ikan yang Baik Untuk Dikonsumsi

By | January 3, 2018

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat akrab dengan masyarakat negara maritim seperti Indonesia. Namun sayangnya, informasi tentang cara memilih ikan yang baik untuk dikonsumsi belum dipahami oleh banyak orang dan bahkan belum mendapat sorotan yang baik. Dikutip dari detikHealth, Selasa (7/4/2017), Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK, mengatakan bahwa ada kebutuhan akan pendidikan tentang ikan yang aman bagi masyarakat.

“Masyarakat perlu diajari tentang ini, mulai dari ikan yang dibesarkan hingga dijual,” katanya.

Keamanan ikan juga harus diperhatikan, mulai dari tempat tinggalnya dan apa yang dimakan ikan selama hidupnya. Ikan laut yang dikonsumsi harus dipastikan tidak dari limbah laut yang terkontaminasi.

“Kebun juga harus memperhatikan kualitas makanan yang disediakan (untuk ikan),” lanjut wakil ketua Asosiasi Dokter Nutrisi Medis Indonesia (PGMI).

Selain itu, kebersihan peralatan dalam mengolah ikan dari tempat budidaya hingga dijual ke tangan masyarakat juga harus lebih diperhatikan. Misalnya, dari alat untuk menangkap ikan hingga ke tempat ikan itu dijual.

“Kadang-kadang meskipun itu tidak menggunakan formalin, itu penuh dengan lalat yang dapat membawa penyakit,” kata Dr.

Sementara itu, mengenai karakteristik ikan sehat dan baik untuk dikonsumsi, Yustina mengungkapkan bahwa memang cukup sulit untuk dilihat secara sekilas. Namun, ia berbagi sejumlah tips untuk memilih ikan yang baik untuk dikonsumsi.

“Dari fisik (aman dikonsumsi) dagingnya kenyal. Insangnya masih merah,” katanya.

Jika Anda sudah bisa memilih ikan yang baik, tentu saja manfaat yang didapat sangat luar biasa. Dengan rutin mengonsumsi ikan yang aman, maka akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga elastisitas dinding sel kulit, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada beberapa ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *