Cara Membuat Umpan Ikan Mas Agar Hasil Pancingan Banyak

By | April 7, 2018

Apakah Anda salah satu penghobi memancing ikan mas? Namun sebelum memancing untuk ikan mas, Anda harus tahu cara membuat umpan ikan mas agar hasilnya lebih banyak memancing.

Resep umpan ikan mas yang baik akan meningkatkan efektivitas dalam mendapatkan hasil memancing. Karena, tidak ada keraguan bahwa umpan ikan mas yang dibuat berdasarkan resep telah digunakan dalam berbagai kompetisi memancing ikan mas.

Sejauh ini yang kita tahu adalah bahwa umpan ikan mas hanya dalam bentuk umpan memancing alami, seperti cacing tanah kecil atau ulat, orong-orong, jangkrik dan ulat daun pisang.

Semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan mas khusus relatif mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Sebelum membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut yang nantinya akan dijadikan umpan memancing.

Penyihir telur semut atau sering disebut kroto sesuai kebutuhan
Satu bubuk susu sachet
Santan instan atau santan siap pakai satu paket
Dua telur ayam
Kinoy atau pengeras umpan
Keju yang cukup
Dua lembar daun pandan
Esensi makarel, yang bisa dibeli di toko roti
Cara membuat umpan memancing

Langkah pertama, siapkan mangkuk berukuran cukup untuk menampung bahan yang Anda siapkan sebelumnya. Mangkok ini juga berfungsi sebagai tempat untuk mencampur atau mencampur. Setelah mangkuk disiapkan, ambil dua telur ayam lalu balikkan dan masukkan telur ayam ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, tambahkan secukupnya sachet dan santan bubuk secukupnya. Setelah ketiga bahan tersebut dicampur, aduk perlahan hingga merata.

Perhatikan susu bubuk saat mengaduk campuran umpan pancing. Pastikan bubuk susu tidak menggumpal. Gumpalan susu bubuk membuat campuran umpan memancing tidak merata dan mengurangi kinerja umpan nantinya.

Bahan selanjutnya yang akan ditambahkan ke campuran umpan memancing adalah telur dari tanduk semut atau sering disebut kroto. Tambahkan telur semut atau kroto dengan jumlah yang cukup, lalu aduk kembali hingga merata. Campur sari mackerel sehingga campuran umpan pancing memiliki aroma khas yang menarik bagi gurame.

Banyak pemancing berpengalaman mengatakan bahwa kunci atau rahasia stabilitas umpan yang diformulasikan adalah pada intinya ikan tenggiri. Esensi makarel ternyata menimbulkan aroma atau aroma khas tenggiri sehingga menarik bagi ikan mas

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pencampuran esensi makarel ini adalah pengukuran, jangan berlebihan. Jumlah esensi makarel yang berlebihan tidak menarik ikan mas, tetapi sebaliknya menjauh. Dosis yang tepat dari sari mackerel menurut pemancing yang berpengalaman dalam meramu umpan pancing ini hanya satu tutup botol.

Setelah itu, tambahkan keju dan aduk kembali adonan. Jika campuran siap, siapkan kantong plastik dan tambahkan campuran yang telah diformulasikan dalam plastik. Untuk menghindari kebocoran atau kegagalan saat memasak, gunakan dua plastik sekaligus. Lalu, tambahkan daun pandan ke dalam campuran.

Memasak pancing

Setelah campuran dimasukkan ke dalam plastik, lanjutkan memasak umpan. Siapkan wajan dan isi dengan air yang cukup. Tambahkan campuran plastik yang dibungkus dengan air di wajan. Kemudian, rebus umpan pancing sampai matang dan air mendidih. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat umpan matang ini adalah sekitar 10-15 menit.

Setelah matang, angkat plastik yang berisi campuran umpan memancing dan siapkan mangkuk atau wadah untuk mengaduk umpan. Setelah umpannya dingin, campurannya akan menjadi kenyal.

Hancurkan campuran sampai rata dan lembut. Setelah itu, tambahkan kinoy atau hardener sehingga campuran umpan memancing Anda lebih tebal. Anda cukup membuat titik-titik kecil dengan ukuran yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan umpan untuk memancing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *