Cara Membuat Pakan Gurame dari Cacing Sutera

By | February 2, 2018

Pembuatan pakan gurame adalah bagian dari proses budidaya ikan mas. Namun, proses pembuatan umpan ini dapat menjadi unit bisnis terpisah untuk Anda. Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah cacing sutra. Cara membuat ikan mas dari ulat sutra sebenarnya tidak sulit.
Cacing sutra atau cacing rambut terdiri dari dua lapisan otot yang meregang dan meregangkan tubuh mereka. Panjangnya 10-30 milimeter dengan warna kemerahan. Cacing ini biasanya hidup di selokan atau selokan dan di sungai berair dangkal yang mengandung banyak bahan organik.

Cacing sutra hidup berkoloni dan menggumpal di tempat-tempat tertentu. Seperti jenis cacing lainnya, cacing sutra memiliki dua alat kelamin dan berkembang biak dengan bertelur dari betina yang telurnya sudah matang.

Untuk mendapatkan banyak sutera, Anda harus mengolahnya sendiri. Budidaya cacing sutra dapat dilakukan dengan cara berikut.

Gunakan wadah budidaya dalam bentuk parit beton atau kotak kayu berukuran 5-10 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 20-30 cm yang telah ditutup dengan plastik.
Pupuk menggunakan kotoran ayam kering dicampur dengan lumpur dalam perbandingan 1: 1.
Ratakan media di bagian bawah parit dengan ketebalan 5 sentimeter, kemudian media diirigasi dengan aliran 900 mililiter per menit.
Sehari setelah media terkuras air, bibit cacing disebarkan 3 gram per meter persegi media.
Untuk mempertahankan keberadaan pakan cacing, lakukan pemupukan kembali dengan kotoran ayam setiap seminggu sekali dengan dosis 10% dari jumlah awal pemupukan.
Cacing sutera dapat dipanen secara acak, dengan memilih populasi padat penduduk.
Cacing yang dipanen biasanya diikuti oleh media. Untuk mengeluarkan media, tempatkan cacing di ember, lalu permukaan ember ditutup selama enam jam. Dengan begitu, cacing akan naik ke permukaan ember. Cacing yang berkerumun di dinding ember dapat diambil dengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *